Nubie membuat Jaringan WIFI

Catatan Experimen membuat jaringan WIFI . kenapa experimen? ya karena saya bukan lulusan pendidikan jurusan IT atau benar menekuni dan belajar aktif dalam bidang jaringan internet Wireless.

Bahan - bahan yang saya siapkan sengaja saya pilih dengan mempertimbangkan prinsip ekonomis, demi meminimalkan budget anggaran yang akan saya keluarkan.

1. Router TPLINK seri WA7210N sebanyak 2 buah
2. Antena OMNI hyperlink 2415PRO ( beli 2nd untuk menghemat anggaran ... :D ) 1 saja untuk Acces point.
3. Pigtail TPLINK
4. Kabel STP cat 6 belden 40mtr
5. Kabel UTP 10 mtr
6. Pipa besi 1" 3 batang
7. Pipa Besi 1 1/4" 1 Batang

Semua bahan telah siap dalam jangka waktu 3 bulan ( lumayan agak lama :D ) selanjutnya tahap pemasangan dengan topology menghubungkan titik A sebagai Akses Point ke titik B sebagai Clien sekaligus sebagai Akses Point. Jarak A ke B sejauh 530 meter terhalang pohon. 
Tinggi pemasangan router baik titik A maupun B 11,5 meter.

Experimen :
1. Router di titik A saya pasang setinggi 11 m  tanpa saya tambah antena external. Dengan asumsi saya rasa cukup mengandalkan antena internal bawaan router yang secara spesifikasi teknis mempunyai Gain sebesar 12dBi.  Setting router sebagai AP Router dengan antena internal posisi vertikal, antena internal sudah saya arahkan 347derajat dengan posisi sudut agak ke atas.
Semua setting selesai. Uji coba berhasil connect via Laptop dengan jarak 6 m dari tower. via Android juga sukses konek dari jarak 10m dari tower. 
Pemasangan router di titik B dengan ketinggian sama 11 m. Selanjutnya instalasi di titik B yang sudah saya ukur via google map ternyata beda ketitnggian dengan titk A selisih 5m lebih tnggi titk B. 
Router saya tambah antena external hyperlink 2415Pro. seting router sebagai AP Router dengan menggunakan setting antena external. Setting selanjutnya scanning Hotspot titik A , hasil scanning lumayan dapat banyak titik Hotspot inilah hal yang tidak saya duga sebelumnya ternyata dari channel 1 sampai channel 11 telah digunakan , dari hasil scanning terdapat 11 titik hotpsot yang terpindai dari router titik B. 
Scanning Hotspot titik A degan jarak 530m hasilnya sebesar 28dB. tapi sayang router B tidak bisa connect ke A. Ternyata begitu saya scan ulang  rata-rata hanya kedetect 14-15dBdan stabil sebesar itu. WAN connection tidak bisa connect... berulang-ulang terus searchinh IP...

well ... hasil experimen 1 belum juga berhasil konek.. 

besok lusa disambung ke catatan experimen dua...

Daftar link bahan bacaan:
1. setting router TL-WA7210N
2. Konfigurasi TL-WA7210N



 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nubie membuat Jaringan WIFI "

Post a Comment