Mengatasi Touchscreen Android error

Touhscreen smartphone android bermasalah? atau malah Touchscreen Tablet android yang error?. hehe layar sentuh merupakan bagian sangat penting di perangkat android karena umumnya sudah meninggalkan konsep desain non built in keypad, jika touchscreen error dan bermasalah misal titik sentuhnya loncat-loncat atau yang lebih parah tidak ada respon sama sekali dengan jari tentunya kita tidak nyaman bahkan gadget android tidak bisa digunakan sama sekali.
kok error kenapa ya?  Ada beberapa kemungkinan. bisa disebabkan aplikasi yang berjalan dan terlalu rakus RAM,bisa juga karena penggunaan pelindung layar yang kurang berkualitas dan yang paling parah karena memang keruskan hardware dari komponen touchscreen itu sendiri. Solusi dari problem terakhir yaa... ganti panel touchscreen dengan yang baru.

Berikut tips memperbaiki touchscreen android error .

1. Touchscreen terlalu responsif atau sebaliknya.
Touchscreen bisa digunakan tapi ada beberapa titik sentuh yang terlalu lambat merespon atau kasus lain respon sentuhan terlalu cepat.
Tips : KALIBRASI  ===>  masuk menu SETTING--> DISPLAY--->CALLIBRATION 
                                   masuk menu PENGATURAN--> LAYAR--->KALIBRASI

2. Check sensifitasnya. dari menu Phone ketik *#*#2664#*#*
   Selamat dong Jika Sampai tahap ini smartphone anda sudah kembali normal. hehe .. eh ternyata belum normal lanjut tahap selanjutnya aja..

3. Restart Smartphone android. 
    Lakukan langkah ini jika layar sentuh android anda benar-benar tidak ada respons sama sekali. kemudian coba hidupkan kembali dan cobalah efeknya?

4.  Belum normal? Matikan gadget androidnya lalu Coba Lepas Batere, Kartu SIM, dan kartu memory jika ada...lanjut biarkan selama beberapa menit agar kapasitor motherboard gadget android benar-benar sudah tidak mengkonsumsi energi batere.
Kemudian bersihkan layar menggunakan tissu aau kain yang lembut jika punya basahi dengan alkohol. cobalah hisupkan .. dan cek lagi hasilnya..

5.  Lakukan factory reset. Jika akan melakukan factory reset pastikan back up semua data penting anda ( Kontak, gambar, foto, aplikasi ) karena semau data tersebut akan tehapus secara permanen jika dilakukan factory reset, 

6. Jika semua langkah diatas telah dilakukan dan touchscreen masih eror atau malah tidak berfungsi sama sekali ini berarti besar kemungkinan  kerusakan ada pada panel touchscreen nya. 
Anda bisa membeli sparepartnya sesuai type dan merk smartphone dan kemudian pasang sendiri untuk menghemat biaya, atau solusi paling mudah bawa ke Service Center agar ditangani teknisi yang berpengalaman atau alternatif lain bisa ke tukang service terdekat di rumah anda.
 Semoga berhasil... 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Touchscreen Android error"

Post a Comment